Sunday 7 December 2008

Clarias gariepinus sp

Jumat kemaren,, tadinya setelah kuliah epidemiologi gizi gw pengen langsung pulang ke kostan,, tidur2an sambil dengerin lagu Alvin&Chipmunk plus baca majalah,, what a perfect plan!! Tapi….di saat gw lagi setengah ngantuk ngedengerin penjelasan Bu Ikeu tentang validitas dan reabilitas dalam penelitian, jenis validitas internal dan eksternal…si Mpin bersuara…

Mpin : Ipit,, lw mau ke lab PAU nggak?? Gw pengen ke sana abis kuliah epid, mau ngambil tepung ikan lele, katanya lw mau liat bentuk kepala ikan lele dumbo kayak apa, ikut gak??

Gw : wah, kapan ikannya dateng? Iya.. iya… mau,,,

Mpin : kemaren sore, yawdah abis kul kita kesana

Gw : okay….

Gara2 kemalesan gw yang tak kunjung jua merampungkan perbaikan proposal usulan penelitian, terpaksa gw harus menunda jadwal penelitian sampe Januari 09… padahal kalo mau mulai sekarang juga bisa, secara 500 kg Clarias gariepinus sp (Ikan Lele Dumbo) udah dateng dan bisa aja kalo gw mau mulai nyoba2 bikin penelitian pendahuluan… dari ikan sebanyak itu gw hanya butuh beberapa puluh kilo kepalanya untuk dijadiin tepung… ya sudahlah lagian gw belum bener2 nemuin metode yang pas.. sekarang kenalan aja dulu sama si Clarias

Well, sebenernya gw geli banget sama yang namanya ikan, di rumah kalo gw mau masak ikan, paling cuma kebagian tugas ngegoreng doang,nggak pernah nyoba buat ngebersihin ikan… waktu praktikum pengolahan ikan di kampus pun, ikannya udah dibersihin… nah sekarang gw harus membiasakan diri untuk bergaul sama ikan,,, mau nggak mau, suka nggak suka,,, karena salah satu bahan baku utama penelitian gw adalah ikan, yah walaupun cuma tulang kepalanya doang… judul usulan proposal penelitian gw adalah Aplikasi Tepung Tulang Ikan Lele Dumbo Untuk Meningkatkan Kandungan Kalsium Cracker…

Sepertinya gw terlalu percaya diri,, halah cuma kepala ikan doang,, cincay lah,,,, okelah gw tau lele dumbo itu ukurannya jumbo,,, tapi gw nggak pernah berimajinasi kalo kepala Clarias gariepinus itu gede banget dan nasty… bayangan gw selama ini kepala ikan lele dumbo = kepala ikan lele biasa,, hanya saja sedikit lebih besar,,,

Wueekkss,, saat gw dan mpin masuk ke Lab PAU,, objek pertama yang gw lihat adalah tumpukan kepala ikan lele dumbo yang masih ada darahnya dan ukuran kepalanya yang sangat-sangat jumbo,,, hiyah…. Shock banget gw…plus baunya yang amis+anyir, fakta bahwa gw harus memisahkan daging dan segala kotoran yang terdapat di kepala ikan lele untuk mendapatkan tulangnya amat sangat membuat gw mual

Mpin berusaha menghibur gw…”tenang pit, emang sih menjijikkan ngeliat tumpukan kepala ikan lele sebanyak ini, tapi kan yang lw butuhin bwat penelitian lw hanya beberapa puluh kilo, bukan ratusan… ”

Sementara gw hanya bisa memandangi tumpukan kepala ikan itu diiringi dengan senyum geli bapak-bapak yang ada di PAU,,, hal terbaik yang bisa gw lakukan adalah berusaha memegang kepala ikan lele dumbo itu, yippy gw berhasil megang satu… gw inget Nyit2 pernah janji mau ngebantuin gw bersihin kepala ikan kalo gw dah mulai penelitian… nah bak pucuk dicinta ulam tiba, sehabis pulang dari lab gw ketemu Nyit2, langsung gw deskripsiin apa yang gw liat dan menagih janji Nyit2 pada gw waktu itu,,, tapi…”Pit,, kayaknya mendingan lw bayar tukang ikan aja buat ngebersihin kepalanya….”, saran doi.. Yah,,, saran lw ditampung nyit, tapi kayaknya gw akan berjuang membersihkan sendiri (syukur2 kalo banyak yang mo bantu).. ala bisa karena biasa bukan?? Tapi sepertinya gw nggak bakalan mau makan aneka masakan yang terbuat dari spesies Clarias dalam jangka waktu yang cukup lama…

No comments: