Monday 8 December 2008

FOTRANUSA 2008

Tanggal 6-7 Desember kemaren, di GWW IPB berlangsung salah satu rangkaian acara FOTRANUSA 2008, semacam expo budaya gitu dech, diikuti oleh 19 organisasi mahasiswa daerah (OMDA) yang ada di IPB. Ada OMDA gw (IKAMUSI SUMSEL), Riau, Minang, Medan, Indramayu, Banten, Ciamis, Bangka Belitung, Bali, Kalimantan Barat, Jambi, Bengkulu, dll yang nggak bisa gw sebutin asatu-satu. Acara ini jadi ajang untuk menunjukkan ragam budaya tiap daerah, baru kali ini nama acaranya diganti jadi FOTRANUSA. Tahun-tahun sebelumnya acara ini bernama GENUS (Gebyar Nusantara).

OMDA gw tentunya nggak mau ketinggalan untuk ikut serta dalam acara ini. Kapan lagi sih bisa nunjukkin kebolehan dan bangga sama budaya daerah selain di GENUS. Tapi tahun ini dan tahun kemaren gw nggak terlalu terlibat banyak dan nggak ribet nyiapin ini itu. Lebih menikmati acara jadinya, nggak kayak pas waktu gw tingkat 1&2, berasa jadi kuli banget dah ah,, ngurusin berbagai hal untuk menyukseskan acara ini, mulai dari ngedekor stand, ikutan nyanyi lagu daerah, ribet ngurusin pameran makanan daerah bersama anak2 OMDA yang seangkatan, serabutan deh,, sekarang enak banget bisa bebas menikmati acara,, dan teriak-teriak jadi supporter kalo OMDA gw lagi tampil,,, hue2

Namanya juga expo budaya daerah, yang ditampilin nggak jauh2 dari kreasi dan budaya dari daerah masing-masing, ada show lagu daerah, fashion show baju daerah, exhibisi, traditional food fair, presentasi mengenai daerah masing-masing, dll. Kurang lebih rangkaian acaranya sama dari tahun ke tahun, paling ada beberapa perubahan yang nggak signifikan. Mmm.. emang sih tahun ini genusnya nggak semeriah kemaren, tapi buat gw tahun ini genus terspesial, kenapa? soalnya genus kali ini bakal jadi genus terakhir buat gw,, tahun depan kan gw udah lulus, he2… (Amin2….)

Tiap tahun GENUS selalu memberikan kenangan tersendiri buat gw, warna-warni kayak pelangi (cie…) suka duka, capek, tawa, keceriaan, kebersamaan…. nyampur baur jadi satu… hanya satu yang bikin gw, olga, dan cie2 rada-rada kecewa… heyyy angkatan 42 yang laen kemana sihh?? Ini kan genus terakhir kita, kok pada nggak dateng,,, padahal dulu kan kita selalu sama-sama memperjuangkan IKAMUSI di Genus,,,

Two thumbs up deh buat IKAMUSIERS 44&45 yang udah mati-matian, bahu-membahu kerja bareng sehingga bisa ngebuat IKAMUSI ikutan FOTRANUSA 08… yah emang ini masanya kalian buat meneruskan apa yang kami lakukan dulu,,, (ha ha ha). Ada sedikit haru saat gw nonton kemaren,, akhirnya gw bisa menyaksikan tari Tanggai di acara ini, setelah beberapa tahun belakangan, IKAMUSI sama sekali nggak bisa nampilin tari Tanggai karena nggak punya cukup dana buat nyewa properti (baju dan aksesorinya itu,,,,) duh,, terharu gw,,, udah lama banget nggak liat tari Tanggai eh sekalinya ngeliat di Bogor malah bukan di Palembang, kemaren saat menyaksikan tari Tanggai itu, ya ampun mata gw beraer (lebai…^_^)

Oh iya ada sesuatu yang beda di FOTRANUSA, ada exhibisi tari kecak,, nggak perlu jauh2 ke Bali tetep bisa ngeliat performancenya.. gw baru tau ternyata tari Kecak itu bercerita tentang Rama dan Sinta,, hue2.. kostum penari Rama dan Sintanya bagus,,,




foto sama "Rama",, psst.. yang jadi ramanya ganteng lowh,, ha ha


No comments: