Sunday 7 December 2008

My Dream, My Wish….

Gara-gara nonton serial Coffee Prince dan gara-gara mata kuliah Percobaan Makanan dan Manajemen Jasa Boga yang mengharuskan anak2 GM 42 untuk praktikum lapang ke café-café dan ngebuat konsep usaha di bidang jasa boga, gw jadi berangan-angan pengen punya café sendiri... keliatannya asik, seru, menghasilkan uang pula…

Lagian bisnis café trus berkembang bak jamur yang menyebar ke mana-mana… emang sih jumlah café sekarang banyak banget (apalagi di kota metropop, JKT) dengan segala kelebihan, fasilitas, kenyamanan yang ditawarkan, setiap café tentunya punya pangsa pasar tersendiri,, nah gw pengen punya café yang berbeda dari café biasa…BCB gitu deh (Bukan Café Biasa)

Asisten praktikum gw menegaskan bahwa café itu sebenarnya tidak menyediakan makanan berat melainkan hanya menyediakan makanan ringan seperti snack, cemilan, aneka beverages, dll. Sepertinya konsep café di Indonesia agak menyimpang karena kebanyakan café yang ada menyediakan makanan berat, seperti aneka nasi goreng, makanan sepinggan, nasi timbel, Chinese food, Japanese food, de el el. Ada 11 café dan resto yang ada di Bogor yang disurvei sama anak2 GM.. Bakul-Bakul, Mangjare, Kedai Telapak, Pia Apple Pie, Death By Chocolate, Makaroni Panggang, Obonk, Warung Steak, de el el. Kelompok gw kebagian untuk mengobservasi Kedai Telapak yang memiliki fasilitas hot spot seperti café lain pada umumnya… untungnya manajer kedai Telapak cukup welcome (dan ternyata manajernya adalah alumni IPB…) ngebuat kita ngerasa nyaman dan nggak segan2 untuk mewawancarai Pak Wisnu demi mendapatkan data selengkap-lengkapnya tentang café tersebut.. dan gw baru tau ternyata para pendiri kedai Telapak dulunya merupakan aktivis lingkungan hidup, pas banget sama nuansa café tersebut yang didominasi oleh warna hijau, seger dan sejuk dipandang mata… dan sampai sekarang mereka masih melakukan berbagai kegiatan yang bergerak dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup,, yah salut deh,, termasuk ke dalam BCB…

Melihat profil, menu yang ditawarkan, pengalaman dalam mengembangkan menu unggulan, struktur organisasi, desain dan tata letak, pola promosi, sistem pelayanan masing-masing café yang dipresentasikan oleh beberapa kelompok memberikan euphoria tersendiri buat gw… someday, gw pengen punya café sendiri dengan konsep one stop stopping, di mana dengan berkunjung ke café gw customer bisa mendapatkan segalanya di satu tempat,, cie ileh,,, ketenangan, kenyamanan, relaksasi, tempat untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan setelah seharian bekerja, tempat kumpul dan kongko2 yang asik,, namanya juga mimpi boleh dong dibuat seideal mungkin… coffee, milk, chocolate, tea bakalan jadi image brand café gw,, pokoknya siapapun yang masuk ke café gw bakalan happy, healthy, n comfortable…

will I make it someday?? ^0^ reallyhopeicanmakeitsomeday….

No comments: