Wednesday 17 December 2008

Sekilas Tentang Gizi Olahraga

Prestasi seorang olahragawan dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu bakat, latihan yang optimal, dan keadaan kesehatan serta gizi yang baik. Gizi dalam olahraga memegang peranan yang penting dalam kinerja seorang olahragawan. Pengetahuan tentang pemilihan makanan yang tepat dan adekuat sangat menunjang kenaikan prestasi olahraga.

Zat-zat gizi dalam makanan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu zat gizi sumber energi, zat gizi pembangun tubuh, dan zat gizi pengatur. Ketiga zat gizi tersebut akan diutilisasi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

Keadaan gizi dan prestasi olahraga mempunyai hubungan yang sangat erat. Pengetahuan tentang pemilihan makanan yang tepat dan cukup sangat menunjang kenaikan prestasi olahraga seseorang. Apabila seorang olahragawan masih dalam proses pertumbuhan maka makanan yang cukup tersebut akan menunjang pertumbuhan fisik yang maksimal, sehingga tubuh akan mencapai bentuk yang paling optimal bagi cabang-cabang olahraga yang ditekuni masing-masing olahragawan. Oleh karena itu pengetahuan tentang gizi olahraga dalam meningkatkan kemampuan olahragawan sangat dibutuhkan. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai definisi gizi olahraga, penyebab masalah pada gizi olahraga, penanggulangan terhadap masalah gizi olahraga, dan pengaturan diet pada olahragawan.

No comments: